Samarinda, (14/08) – Tol laut merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo. Program ini bertujuan untuk menghubungkan Pelabuhan yang ada di Nusantara. Terkait hal tersebut kemarin sore (13/08) Tol laut KM. Camara Nusantara V asal Nusa Tenggara Timur perdana sandar di Pelabuhan Samarinda.

Kapal ini mengangkut 500 ekor sapi potong, dan merupakan kapal khusus pengangkutan ternak yang dibuat untuk percepatan lalu lintas ternak di Indonesia. Saat sandar, kapal ini disambut langsung oleh KSOP Samarinda, PT. Pelindo, Karantina Samarinda dan Ekspedisi pelayaran Samarinda.

  

Kapal ternak ini memiliki desain yang dirancang khusus dengan memperhatikan kesejahteraan ternak. Hal tersebut dapat d   ilihat dari fasilitas yang terdapat di dalam kapal meliputi kandang, tempat makan, tempat minum, dan gangway, hingga sirkulasi udara dalam kapal pun diperhatikan dengan adanya blower disetiap kandang.

Selain itu, kapal ternak ini juga memfasilitasi bongkar muat ternak dengan desain yang baik, sehingga bongkar atau muat ternak dapat langsung dilakukan dari kapal ke alat angkut truk, dan yang terpenting ada dokter hewan penanggung jawab di kapal ini.

Diharapkan dengan adanya tol laut ini, kondisi ternak menjadi lebih nyaman, pengusaha sapi pun merasa aman, dan petugas Karantina pun senang dan semangat dalam menjalankan tindakan Karantina diatas alat angkut.