Samarinda (07/11) – Malam hari di Pelabuhan Sungai Samarinda, petugas Karantina Samarinda drh. Painem dan Hadi Waluyo telah siap siaga. Menyambut kedatangan kapal KM. Camara Nusantara yang membawa sapi dari Pelabuhan Tenau.

Pengoperasian kapal ternak ini bertujuan meningkatkan efektifiktas kegiatan pengangkutan kapal ternak serta untuk mendukung program ketahanan pangan khususnya dibidang swasembada daging sapi di Indonesia. Salah satu kapal ternak yang dibangun adalah KM. Camara Nusantara 5 yang sandar di Pelabuhan Sungai Samarinda.

Tidak hanya petugas, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur Dadang Sudarya, didampingi kepala Karantina Samarinda Agus Sugiyono ikut melihat kedatangan 498 ekor sapi potong dari Kupang. Kunjungan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur ini melihat tugas karantina dan bongkar muat sapi. Beliaupun memberikan apresiasi kepada petugas karantina yang hingga malam masih bertugas di atas kapal ternak.

Petugas karantina melakukan pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik pada sapi, hasilnya kedatangan sapi tersebut dilengkapi dengan KH II dari Nusa Tenggara Timur dan hasil pemeriksaan menyatakan sapi layak untuk dibongkar sehingga dilakukan bongkar muat untuk dibawa Rumah Potong Hewan (RPH).

SobatQ, Kapal Camara Nusantara yang dibangun khusus ternak jelas sekali merupakan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan hewan yang berujung pada kesejahteraan hewan melalui hewan.

Kunjungan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur adalah bentuk sinergisitas antara Dinas dan Karantina dalam menjaga Kalimantan Timur bebas dari HPHK dan penyakit hewan. Petugas Karantina layak diberikan apresiasi, karena telah bekerja hingga larut malam tetap semangat menjaga bumi ibu pertiwi.

#LaporKarantina🍎🐕
#KarantinaSamarinda