SobatQ, tau mobil balap F1 kan? Ternyata ban mobil yang digunakannya berasal dari getah Karet Kalimantan loh.. Gimana keren gak?

Ternyata, di Kalimantan khususnya di Kota Samarinda terdapat pabrik yang dapat mengolah karet, mulai dari getah karet mentah hingga manjadi lempengan karet.

Nahh, Karet lempengan ini yang akan diekspor ke berbagai negara. Tercatat pada sistem IQFAST (Indonesian Quarantine Full Automatic System) terdapat 33 permohonan ekspor Karet dari bulan Januari hingga Oktober ke berbagai Negara seperti India, Taiwan, Rusia, Belanda dan juga Tiongkok dengan total pengiriman 2.182,208 ton.

  

Dan perlu SobatQ tau, harga karet ini sangat fantastis yakni mencapai 108 Milyar, woow berarti karet dari Samarinda ikut berpartisipasi dalam menambah devisa negara.

Untuk itu, Petugas Karantina Samarinda melakukan pemeriksaan fisik terhadap lempengan karet tersebut pada (30/10) lalu. “Lempengan karet ini kita periksa untuk memastikan tidak adanya serangga hidup yang terbawa saat pengiriman,” jelas Indra Permana POPT Karantina Samarinda.

SobatQ, siapa bilang mau ekspor susah? Yukk sini Karantina siap membantu..

#LaporKarantina🐕🍎
#KarantinaSamarinda